3/26/2020

Pesona Pulau Onrust Di Mata Cumingers

Halo teman cumingers dimanapun berada, ketemu lagi dengan saya Bernad dalam blog Lapak Mancing Cumi. Semoga teman cumingers dan keluarganya dalam kondisi sehat walafiat dilindungi oleh Tuhan YME.

Hari ini saya akan menulis tentang pesona pulau Onrust bagi para cumingers. Tapi sebelumnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman cumingers yang telah klik subscribe, like dan share channel YouTube Nyumi Nyoook dan buat yang belum silahkan di klik juga ya. Agar saya tambah semangat dalam membuat konten tentang seputaran dunia mancing cumi, baik di vlog YouTube maupun dalam bentuk tulisan di blog ini.



Pulau Onrust, bagi semua teman cumingers yang tinggal di Jabodetabek pastilah kenal dengan pulau ini. Pulau yang merupakan salah satu  dari gugusan Kepulauan Seribu yang terdekat dengan daratan Jakarta. Merupakan lokasi pulau favorite teman cumingers untuk menyalurkan hobby mancing cumi nya. Saya pun demikian menjadikan pulau Onrust sebagai pulau yang paling sering saya kunjungi setiap minggu nya untuk mancing cumi. Awal kenal mancing cumi pun, saya belajarnya dengan para senior cumingers di pulau Onrust beberapa tahun yang lalu. Hingga akhir nya membuat kenangan indah untuk pulau Onrust ini.

Perjalanan menuju ke pulau Onrust tidak sulit bagi teman cumingers yang belum pernah dan ingin kesana. Teman cumingers tinggal mengarahkan saja tujuannya menuju Tempat Pelelangan Ikan  (TPI)  Kamal, Jakarta Utara di Google Maps nya. Setelah sampai di area TPI Kamal, teman cumingers tinggal meneruskan lagi ke Mesjid Nurul Bahar. Ada 2 gang yang bisa menuju kesana, pertama lewat samping gedung TPI Kamalnya yang melipir di pinggiran alur muara sungai dan yang kedua melalui gang lain yang melewati perkampungan penduduk. Nah setelah menemukan Mesjid Nurul Bahar, tinggal tanya saja kepada penduduk yang ada disana mau ke pemilik kapal Haji Yunus (no wa 089601700757) atau bisa juga ke pemilik kapal Yudi (no wa 089501840292) . Nanti kalau sudah ketemu pemilik kapalnya tinggal lihat atau tanya deh apa sudah ada penumpang lainnya apa belum. Biasanya kalau sudah ada minimal 4 orang sudah bisa langsung jalan. Tarifnya Rp 35.000 pergi pulang dan tarif parkir motor nya Rp 5.000 buat yang bawa motor. Kalo yang bawa mobil biasanya parkir mobil nya sebelum area TPI Kamal, dan tarif parkir mobilnya Rp 25.000. Apabila teman cumingers cuma berdua dan ingin cepat berangkat, tarifnya seorang Rp 50.000. Dan bila sendiri biasanya akan dikenakan tarifnya Rp 100.000. Tinggal nanti teman cumingers memberitahukan kepada kapten kapalnya kapan ingin dijemput pulangnya, bisa sore hari nya ataupun keesokkan hari nya. Setiap hari Senin - Minggu pasti ada saja yang ingin berangkat ke pulau Onrust, jadi teman cumingers tidak perlu kawatir.



Lama penyeberangan sampai ke pulau Onrust nya kurang lebih 45 menit. Nanti sesampainya di dermaga pulau Onrust, petugas pulau nya akan menagih tiket masuk pulaunya sebesar Rp 5.000 saja. Murah meriah bukan. Setelah itu teman cumingers tinggal keliling deh pulaunya atau bisa juga mencari rumah saung untuk meletakan barang-barang bawaannya, seperti coolbox, tas ransel atau barang lainnya. Rumah saung ada banyak di sekeliling pulau Onrust, ukurannya 2x2 meter. Cukup untuk tempat beristirahat buat 3 orang. Jadi nanti teman cumingers tinggal pilih saja rumah saung mana yang mau ditempati.


Kalau saya lebih suka memilih rumah saung yang dekat panggung karena lokasi nya tidak jauh dari kamar MCK.  Jadi kalau pagi mau buru-buru ke WC bisa tidak jauh jalannya. Khusus kamar MCK di pulau Onrust tersedia cukup banyak, yang dibagi untuk pria dan wanita. Air bersih nya pun cukup tersedia, jadi teman cumingers tidak akan kesulitan. Makanya saya sangat menyenangi mengunjungi pulau Onrust nya untuk acara mancing cuminya. Juga untuk teman cumingers yang tidak membawa perbekalan jangan kawatir, karena di pulau Onrust juga ada 2 warung yang menyediakan makanan dan minuman. Jadi aman lah urusan perut nya.

bit.ly/SOLUSIBISNISONLINE2020


Untuk spot-spot mancing cumi di pulau Onrust, teman cuminger bisa mengelilingi sepanjang keliling pulaunya. Mulai dari dermaga depan, trus menyusuri ke arah barat akan terlihat keramba. Untuk di spot ini lokasinya dasaran laut nya lumayan dalam dan aman dari sangkutan.


Semakin menyusuri ke arah barat pulau Onrust, teman cuminger akan menemukan spot yang sering dipanggilnya Villa 2. Untuk di spot ini mancingnya di atas tembok dam penahan ombak. Di spot ini teman cumingers kudu hati-hati terutama saat air laut sedang surut, karena banyak batu-batu karang di dasarannya yang bisa menyangkutkan umpan cumi kita. Jadi harus bisa menjaga timing turunnya umpan cumi ke dasar laut.


Spot berikutnya sebelah dari spot Villa 2, teman cumingers akan menemukan spot Keramat. Spot ini kenapa sering dipanggilnya Keramat, karena di dekat spot ini ada satu makam yang tertulis makam Keramat. Untuk spot ini teman cumingers harus turun dari tembok dam penahan ombaknya. Tapi jangan kawatir karena di balik tembok nya sudah dibuatkan anak tangga dari kayu oleh teman-teman pemancing. Jadi bisa mudah dan aman waktu turun dan naik nya kembali ke atas tembok dam nya. Di spot ini teman cumingers kudu ngoyor sedikit agar mendapatkan lemparan (casting) lebih jauh ke tengah laut. Untuk hasil cumi nya di spot ini lumayan besar-besar lho.


Spot berikutnya menyusuri belakang pulau Onrust, teman cumingers akan menemukan spot Kuburan Belanda dan spot Tower. Untuk kedua spot ini teman cumingers terpaksa harus turun ke batu-batuan cakar ayam nya, agar bisa mendapatkan lemparan (casting) jauh ke tengah. Untuk kedua spot ini biasanya dominan cumi nya lumayan besar, cuma mainnya saat malam. Jadi untuk aman nya teman cumingers kudu memantau terlebih dahulu saat siang posisi jalan turun nya.


Spot selanjutnya kalau teman cumingers menyusuri belakang pulau Onrust ke arah Timur, nanti akan menemukan spot yang biasa dipanggil Spot Pohon Satu. Untuk di lokasi ini bila air laut nya pasang tinggi, kita tidak perlu turun basah-basahan (ngoyor). Cukup kita berdiri di batu-batuan cakar ayam nya saja untuk melempar (casting) ke tengah laut umpan cumi nya. Cuma kalo pas air lautnya surut, kita terpaksa harus ngoyor agak ke tengah laut agar lemparan umpan cumi nya dapat menjangkau laut yang agak dalam. Untuk spot ini biasanya cumi juga lumayan besar-besar, bisa main nya pagi, sore dan malam.


Menyusuri terus jalan tembok dam penahan ombak nya, nanti teman cumingers akan menemukan spot berikutnya yang sering dipanggil spot Bata Merah. Di spot ini kita harus turun sedikit untuk naik ke tumpukan bata merah nya. Untuk cumi nya juga lumayan besar kalau strike disini.


Lanjut spot berikutnya setelah spot Bata Merah, teman cumingers bisa main di Dam penahan ombak yang lumayan tinggi. Lemparan (casting) bisa bebas jauh ke tengah laut yang lumayan dalam. Waktu main bisa mulai dari pagi, sore hingga tengah malam. Di spot ini kita tidak perlu ngoyor karena perairan di bawah Dam nya sudah lumayan dalam.


Spot terakhir adalah spot yang biasa dipanggil belakang Mushola. Letak lokasinya nya memang berada di belakang Mushola. Untuk spot ini memang agak sedikit berbahaya karena adanya patok-patok kayu yang berada di pinggir dam nya, apalagi kalau mancingnya saat malam, kawatir umpan cuminya tersangkut di patok-patok kayunya. Di spot ini cumi nya lumayan juga ukuran lemper sampai lontongan.


OK teman cumingers sekian dulu tulisan saya tentang pesona pulau Onrust di mata cumingers. Semoga buat yang belum pernah dan akan mengunjungi pulau Onrust sudah mendapat gambaran lokasi yang cocok untuk mancing cuminya. Dan buat teman cumingers yang ingin bertanya atau memberikan masukan, silahkan menulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.
Salam Tinta Hitam, Croootz...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komen silahkan tulis disini