3/22/2020

Type Action Joran Untuk Mancing Cumi

Halo teman cumingers dimanapun berada, ketemu lagi dengan saya Bernad dalam blog Lapak Mancing Cumi. Semoga teman cumingers dan keluarganya dalam kondisi sehat walafiat dilindungi oleh Tuhan YME.

Hari ini saya akan menulis tentang type action joran mancing cumi yang sesuai. Tapi sebelumnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman cumingers yang telah klik subscribe, like dan share channel YouTube Nyumi Nyoook dan buat yang belum silahkan di klik juga ya. Agar saya tambah semangat dalam membuat konten tentang seputaran dunia mancing cumi, baik di vlog YouTube maupun dalam bentuk tulisan di blog ini.
 

Untuk mancing cumi memang sih tidak ada keharusan untuk menggunakan joran khusus. Joran apa saja juga bisa digunakan kok, bebas saja lah. Cuma kadang teman cumingers ingin sesuatu yang beda dan spesial merasakan sensasi mancing cumi nya yang seperti para master cuminger Jepang yang ada di YouTube bukan ?

bit.ly/SOLUSIBISNISONLINE2020
Nah dari sinilah saya akan memberikan penjelasan tentang perbedaan action yang ada di setiap joran. Memang kebanyakan joran-joran mancing yang beredar di pasaran dominan terbuat dari serat carbon. Hal ini dikarenakan untuk mengejar beban nya yang ringan. Type joran akan terbagi menjadi beberapa jenis action ujung jorannya seperti contoh gambar dibawah ini:

Khusus untuk mancing cumi biasanya digunakan ujung joran type actionnya yang Fast. Dimana bagian ujung joran sampai sebelum sambungan tengah lumayan lentur. Hal ini dikarenakan  agar teman cumingers mendapatkan tingkat sensitifitas yang tinggi saat-saat dimana cumi nya menyergap atau menyambar umpan cumi kita, terasa dan kelihatan dari pergerakan ujung jorannya. Dan juga saat melakukan sentakan-sentakan (jerking) kepada umpan cumi nya akan menghasilkan gerakan-gerakan yang indah didalam air. Selain itu juga joran type action Fast, saat kita melempar umpan cumi (casting) dapat membuat lemparan yang cukup jauh ke tengah laut. Salah satu nya joran khusus mancing cumi tersebut adaalah: joran Okuma Epixor Squid.


Jangan lupa teman cumingers memperhatikan tulisan spesifikasi yang biasa nya tertulis di batang joran nya. Misal ada tulisan kode L (light) artinya kelenturannya lebih dibandingkan dengan kode ML (medium ligt), ini berkaitan biasanya dengan penggunaan ukuran Egi (umpan cumi). Ukuran benang PE nya, biasa akan tertulis antara 0.5 - 1.2 atau juga ukuran Egi (umpan cumi) nya, biasa akan tertulis 2.0 - 4.0. Sehingga nanti teman cumingers tidak mengalami kesulitan atau bingung dalam memilih joran khusus mancing cumi nya sesuai kebiasaan lokasi dan besaran cumi yang sering didapatnya.  
Selain itu untuk joran yang berbahan carbon, teman cumingers juga harus memperhatikan tanda sticker yang biasa tertempel di batang joran yang menggambarkan petir. Yang berarti joran jenis bahan carbon ini dapat menghantarkan aliran listrik dari petir di langit. Ini sangat berbahaya sekali bila teman cumingers menggunakan joran berbahan carbon disaat langit mendung dan banyak petir nya. Sudah banyak korban yang meninggal kesambar aliran listrik dari petir, jangan sampai teman cumingers menjadi korban selanjutnya. OK !!!
Salam Tinta Hitam, Croootz.......................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komen silahkan tulis disini