3/08/2020

Lokasi Mancing Cumi Yang Tepat

Halo teman cumingers dimanapun berada, ketemu lagi dengan saya Bernad dalam blog Lapak Mancing Cumi. Semoga teman cumingers dan keluarganya dalam kondisi sehat walafiat dilindungi oleh Tuhan YME.

Hari ini saya akan menulis tentang lokasi untuk mancing cumi yang tepat. Tapi sebelumnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman cumingers yang telah klik subscribe, like dan share channel YouTube Nyumi Nyoook dan buat yang belum silahkan di klik juga ya. Agar saya tambah semangat dalam membuat konten tentang seputaran dunia mancing cumi, baik di vlog YouTube maupun dalam bentuk tulisan di blog ini.

 
Mungkin banyak teman cumingers yang baru mulai ingin mencoba mancing cumi bingung dimana lokasi yang tepat/cocok untuk mancing cuminya. Sebenarnya hampir semua pantai baik itu di pulau, di dermaga ataupun ditengah laut dangkal ada cuminya. Tinggal sekarang tergantung bagaimana dengan kualitas air laut dan kondisi dasaran dari lautnya. Karena hal ini berkaitan dengan keberadaan hewan cuminya yang sangat sensitif dengan semua kondisi yang saya tulis diatas. Hewan cumi ini bakal sulit diketemukan bila kondisi air lautnya kurang bagus atau jernih, seperti terkena limbah dari buangan air dari muara sungai ataupun limbah dari sampah dan minyak. Kondisi dasaran laut juga mempengaruhi keberadaan hewan cumi ini. Bila kondisi dasaran pantainya polos cuma pasiran saja tanpa ada batu-batu karang, dapat dipastikan hewan cuminya bakalan jarang ada.


Hewan cumi sangat menyukai perairan yang jernih dan bersih air lautnya tanpa ada limbah. Dan dasaran perairannya terdapat banyak batu-batu karang dan disertai juga oleh adanya tumbuhan air. Hal ini dikarenakan hewan cumi banyak mempunyai musuh dari ikan-ikan predator, sehingga batu-batu karang atau tumbuhan air dapat digunakan untuk tempat persembunyiannya.

bit.ly/SOLUSIBISNISONLINE2020
Untuk kedalaman perairannya biasa sekitar dibawah 10 meteran   dimana sinar matahari masih dapat tembus masuk kedalam air lautnya. Jadi bila teman cumingers ingin mancing cuminya ditengah laut dengan perahu (istilahnya ngapung), carilah lokasi laut yang tidak terlalu dalam dengan dasarannya banyak batu karang. Biasa awak perahu nya kenal dengan spot-spot tersebut.
 

Dan apabila teman cumingers ingin mancingnya dari dermaga bisa juga. Perhatikan kondisi pasang surut air laut nya, pastikan kondisinya air lautnya jernih dan bersih. Jauhi tambang-tambang perahu yang mungkin sedang bersandar di dermaga tersebut. Paling bagus bila di dermaga tersebut juga ada lampu penerangan yang terang, sehingga bila teman cumingers ingin mancing malam menjadi sangat nyaman.


Kebiasaan bila ingin mancing di pantai, saya akan berkeliling melihat dulu keberadaan anakan cumi. Bila terlihat ada, saya mulai optimis bila di perairannya ada cumi yang ukurannya lebih besar lagi. Saya mulai mencoba dengan memakai umpan cumi yang ukurannya kecil terlebih dahulu, ukuran 2.0 (5 cm), dan bila ternyata ada terlihat cumi dengan ukuran lumayan besar, baru saya ganti lagi dengan ukuran 2.5 (7 cm) ke atas. Kebiasaan hukum dalam pemancingan cumi: umpan kecil dapatnya cumi kecil dan umpan besar dapatnya cumi besar juga. Perhatikan juga dengan pergerakan arus air lautnya, bila arusnya kencang, pakai umpan cumi yang agak berat, agar tidak hanyut dan dapat turun dengan cepat dan stabil. Lemparan diarahkan melawan arus, maksudnya bila arus dari kanan ke kiri, maka lemparan umpan cuminya kita arahkan ke kiri. Ini agar umpan cumi yang kita lempar dapat berenangnya stabil melawan arus dari kanan sewaktu kita gulung reelnya.


OK teman cumingers demikian tulisan saya tentang pemilihan lokasi untuk mancing cumi yang tepat. Semoga dapat memberikan informasi yang berguna saat akan memulai mancing cuminya. Untuk teman cumingers yang ingin bertanya atau memberikan masukan, jangan sungkan menulis komennya dibawah ini. Terima kasih. 
Salam Tinta Hitam, Croootz......................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komen silahkan tulis disini