3/01/2020

Panduan Memilih Warna Umpan Cumi

Halo teman cumingers dimanapun berada, ketemu lagi dengan saya Bernad dalam blog Lapak Mancing Cumi. Semoga teman cumingers dan keluarganya dalam kondisi sehat walafiat dilindungi oleh Tuhan YME.

Hari ini saya akan menulis atas permintaan teman-teman nyumi nyoook yang sering menanyakan tentang warna umpan cumi yang cocok untuk dipakai saat mancing cumi. Tapi sebelumnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman cumingers yang telah klik subscribe, like dan share channel YouTube Nyumi Nyoook dan buat yang belum silahkan di klik juga ya. Agar saya tambah semangat dalam membuat konten tentang seputaran dunia mancing cumi, baik di vlog YouTube maupun dalam bentuk tulisan di blog ini.


Umpan cumi memang unik ya, dibuat dengan banyak warna-warni nya, indah sekali dilihatnya, mirip warna pelangi. Mungkin teman cumingers juga heran kenapa kok bisa begitu banyak warna warni umpan cumi nya. Apa memang hewan cumi itu bisa melihat dan membedakan warna ? Nah untuk hal ini saya pun masih bingung untuk dapat menjawabnya dengan akurat, maklum lah saya kan hanya seorang cumingers yang rajin menulis dan membuat video nya saja tentang mancing cumi. Ada beberapa teman cumingers senior yang mengatakan bahwa hewan cumi tidak bisa melihat warna, cuma bisa melihat gerakan dari umpan cumi saja, ada juga mengatakan bisa melihat cuma warna tertentu saja dan yang lainnya ada pula yang mengatakan kalo hewan cumi bisa membedakan warna, makanya kenapa produsen umpan cumi di Jepang yang terkenal seperti Yamashita, Yozuri, Shimano, Daiwa dll memproduksi umpan cumi dengan segala macam warnanya. Jadi tinggal teman cumingers ambil kesimpulannya saja sendiri ya. 


Informasi yang saya dapatkan dari produsen umpan cumi terkenal dari Jepang yaitu Yamashita, memberikan penjelasannya dalam memilih warna yang tepat saat mancing cumi nya berdasarkan situasi sinar matahari dan kondisi air laut nya. Untuk sinar matahari di mulai dari pagi hari hingga malam hari dan untuk kondisi air laut dari yang jernih sampai yg keruh.

bit.ly/SOLUSIBISNISONLINE2020
Produk umpan cumi pabrikan biasa terbuat dari plastik lalu dasarnya  dilapisi dengan warna dasar tertentu seperti: Emas, Pelangi, Merah, Bahan yang bisa memancarkan sinar (GID), Clear polos dan Silver. Baru setelah itu body luarnya dibungkus lagi dengan sejenis kain dengan macam-macam warna.

Kita perhatikan dulu dari tabel dibawah ini dimana dijelaskan tentang pemilihan warna untuk  kondisi air laut nya, mulai dari yang jernih sampai kebawah yang keruh. Lalu disebelah kiri dan kanan menjelaskan tentang kondisi aktivitas cumi nya yang lemah dan yang aktif.


Sebagai contoh dalam kondisi air laut nya yang bening tapi aktifitas cumi nya lemah disarankan untuk menggunakan umpan cumi yang berwarna gelap, seperti coklat dan hijau tua. Bila mulai agak siang bisa juga diganti dengan warna-warna natural seperti biru muda, silver dan merah mudah. Jika aktifitas cumi nya mulai gencar dalam kondisi air laut bening bisa diganti dengan warna orange.
 Warna natural

Untuk kondisi air laut yang keruh dan aktifitas cumi nya tinggi bisa dicoba mulai dengan penggunaan umpan cumi yang warna cerah seperti: orange, merah muda, lanjut ke warna natural sampai ke warna gelap seperti ungu dan coklat bila kelihatan aktifitas cumi nya mulai lemah dengan kondisi air yang jernih.


Untuk keterangan tabel dibagian bawahnya ini menjelaskan pemilihan warna dasar dari umpan cumi yang membungkus umpan cumi nya ya, bukan warna dari kain luar umpan cumi nya. Ini dikaitkan dengan aktifitas cumi, kondisi air laut, kondisi awan dan kondisi waktu nya mulai dari pagi, siang dan malam.

Sebagai contoh untuk warna dasar gold (emas) paling cocok nya di pakai pada pagi hari. Warna dasar rainbow (pelangi) paling cocok saat aktifitas cumi nya lagi tinggi, langit berawan dan saat tengah hari.




OK teman cumingers demikian tulisan saya mengenai panduan pemilihan warna umpan cumi yang mungkin teman cumingers dapat gunakan untuk mancing cumi. Namun  ini tidak merupakan panduan yang mutlak harus di ikuti. Masih ada panduan warna umpan cumi yang mungkin bisa kita ikuti dari informasi para pemancing lokal disuatu daerah yang memang menjadi warna favorite nya. Dan apabila ada yang ingin bertanya atau memberikan masukan, silahkan jangan sungkan menulisnya di kolom komen dibawah ini. Terima kasih.
Salam Tinta Hitam, Croootz.................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komen silahkan tulis disini