2/28/2020

Piranti Mancing Cumi

Halo teman cumingers dimanapun berada, ketemu lagi dengan saya Bernad dalam blog Lapak Mancing Cumi. Semoga teman cumingers dan keluarganya dalam kondisi sehat walafiat dilindungi oleh Tuhan YME.

Hari ini saya akan menulis tentang piranti-piranti mancing cumi apa saja yang harus disiapkan secara lengkap untuk mancing cumi yang benar. Tulisan ini dibuat sebagaimana banyak permintaan dari subscriber Nyumi Nyoook yang tertarik mencoba mancing cumi. Sebelumnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman cumingers yang telah klik subscribe, like dan share channel YouTube Nyumi Nyoook dan buat yang belum silahkan di klik juga ya. Agar saya tambah semangat dalam membuat konten tentang seputaran dunia mancing cumi, baik di vlog YouTube maupun dalam bentuk tulisan di blog ini.
Hal pertama yang penting disiapkan oleh teman cumingers adalah piranti mancing nya seperti: 
  1. Joran/Rod. Untuk Joran sebaiknya mempunyai panjang antara 210 - 260 cm. Biasa nya sambung 2. Pilih yang  berbahan carbon agar ringan. Ujung joran harus yang agak lentur. Kebanyakan untuk joran khusus mancing cumi mempunyai style Japan dan sudah ada tertulis spesifikasi nya. Misal untuk ukuran benang PE nya tertulis 0.5 - 1.2 dan ukuran egi (umpan cumi) tertulis 2.0 - 4.0. Kalau teman cumingers tidak mau repot bisa langsung memilih saja joran khusus mancing cumi Okuma Epixor Squid EPI-S 832L atau yang ML. Beda nya kalo yang type ML lebih kaku dari yang L. Panjang joran nya 250 cm. Untuk yang type 832L penggunaan benang PE nya dari ukuran 0.5 - 1.0 dan penggunaan Egi (umpan cumi) dari ukuran 2.0 - 3.5. Sedangkan untuk yang type 832ML penggunaan benang PE nya dari ukuran 0.6 - 1.2 dan penggunaan Egi (umpan cumi) dari ukuran 2,5 - 4.0.
     
  2. Reel. Untuk reel bebas mau pakai merk apa saja tidak masalah. Cuma pilih yang ukuran nya  kecil saja. Biasa nya dari ukuran 800 - 2000. Kalau saya kebiasaan pakai yang ukuran 800 dan 1000. Agar dipakai mancing seharian tidak cepat melelahkan saja. Kalau ada pilih juga yang bunyi cliker drag nya yang cukup nyaring, agar sensasi strike nya lebih asyik didengarnya. Bikin tetangga sebelah menengok semua.

  3. Tali Pancing. Untuk tali pancing teman cumingers bebas memilih sesuai kesukaan nya. Ada  yang suka menggunakan senar monofilament dan ada juga yang suka menggunakan benang PE. Untuk benang PE, otomatis harus menyediakan juga senar leader nya. Untuk senar mono pilih saja yang ukuran kekuatan nya 3 - 4 kg, warna bisa pilih yang clear saja. dan untuk benang PE gunakan yang ukuran nomor 0.5 - 1.0 saja, dengan senar leader ukuran 2x dari ukuran benang PE nya.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     
  4. Snap/Peniti. Alat ini berfungsi untuk mencantelkan umpan cumi dengan mudah dan cepat tanpa harus mengikat dan memutuskan lagi tali pancing nya. Bentuk dan ukuran nya bermacam-macam, tinggal disesuaikan dengan ukuran umpan cumi dan kesukaannya masing-masing pemancing saja. Bahan nya terbuat dari baja steinless anti karat. Jadi dengan snap/peniti, kita bisa mengganti umpan cumi baik warna dan ukuran dengan mudah dan cepat. Type pemakaian snap ada yang model ulir dan yang model tekan buka dan tutup nya. Kalau saya biasa sering nya menggunakan model ulir, karena cepat dan mudah.

  5. Umpan Cumi/Egi/Kapela. Untuk umpan cumi bentuknya seperti udang-udangan. Ada yang buatan pabrikan (import), biasanya terbuat dari plastik. dan ada juga yang buatan lokal handmade terbuat dari kayu. Untuk ukuran standar produk import dari pabrikan nya di Jepang biasa nya akan di tulis mulai dari ukuran 1.5 - 4.0 (4 cm - 12 cm body nya saja ya) dan dengan berat yang berbeda-beda. Umpan cumi juga biasa akan dibedakan dengan cepat lambat nya tenggelam ke dasar laut. Ada yang type nya fast (cepat) biasanya antara 3-4 detik/m. Type basic (standar) antara 5-7 detik/m. Dan type slow (lambat) antara 8-10 detik/m. Warna nya pun bermacam-macam, mulai dari warna-warna cerah seperti: kuning, orange, hijau, pink dan warna-warna gelap seperti: merah, biru tua, coklat dan hitam. Jadi teman cumingers kudu menyiapkan yang lengkap beberapa ukuran dan warna nya. Agar nanti sewaktu memancing nya tidak kebingungan dan kesulitan mencari umpan cumi yang cocok untuk dipakai. Jangan sampai tetangga strike trus cumi nya kita cuma jadi penonton saja.
     
  6. Lampu Senter Kepala. Ini penting sekali kalau kita ingin melanjutkan mancing cumi nya malam hari. Karena kita tahu kalau mancing cumi malam, biasanya akan keluar cumi-cumi jegernya (besar). Untuk itu kita memerlukan penerangan yaitu senter yang praktis di pasang di kepala (senter kepala). Untuk senter kepala nya dipilih yang jangan terlalu besar dan berat, agar tidak membebankan kepala hingga bikin pusing atau sakit kepala. Lampu senter kepala ada yang menggunakan batery sekali pakai dan ada pula yang menggunakan batery isi ulang (recharged). Juga untuk sekarang ini lampu senter kepala sudah canggih karena sudah mempunyai sensor gerak. Jadi tidak perlu lagi untuk setiap saat menekan tombol on/off bila ingin menyalahkan atau mematikan lampu nya, tapi tinggal melambaikan tangan saja di depan lampu senter kepala nya. Jadi praktis bukan.
  7. Sepatu boot. Jangan lupa teman cumingers juga menyiapkan sepatu boot yang baik. Karena kemungkinan kita sewaktu memancing cumi nya harus turun ke pantai atau ngoyor jalan ke tengah laut nya. Hal ini karena air laut nya sedang surut sehinggal laut nya dangkal dan kita harus berjalan agak ke tengah laut untuk mendapatkan area laut yang agak dalam. Dengan sepatu boot ini kita akan terhindar dari luka di kaki akibat tertusuk bulu babi atau tergesek dengan batuan karang yang tajam.
  8. Tempat Cumi. Jangan lupa teman cumingers menyiapkan tempat untuk menyimpan cumi nya sewaktu kita memancing, biasa sering disebut juga korang. Sebaiknya tempat cumi nya dibuat dari jaring plastik dengan diberikan semacam gabus pelampung di atas nya. Atau bisa juga menggunakan karet bekas ban mati sepeda anak-anak. Hal ini dibuat agar nanti sewaktu kita mancing cumi nya harus ngoyor atau berendam dalam air, maka tempat cumi nya itu akan mengapung sehingga akan memudahkan kita untuk memasukan cumi hasil tangkapan nya.

  9. Serokan. Alat ini bisa dicadangkan untuk teman cumingers bawa juga. Pilih saja yang kecil dan yg bisa dilipat, agar praktis dibawanya.  Hal ini untuk berjaga kalau kita mendapatkan cumi jeger (besar) agar jangan sampai lolos/lepas. Jadi sewaktu teman cumingers sudah strike dan menggulung reel nya agar cumi jeger nya mendekat ke kita, nah serokan ini dapat dimanfaatkan untuk menangkap cumi jeger nya agar tidak copot dari sangkutan mata kail umpan cumi nya. Tidak terbayangkan bukan, apabila cumi jeger sudah strike dan sudah dekat dengan kita, tiba-tiba lepas sewaktu akan diangkat untuk dimasukan kedalam tempat cumi nya.

  10. Kantong Kedap Air. Penting sekali disiapkan teman cumingers untuk menyimpan barang-barang seperti HP, Kamera, rokok, korek api, dompet dll. Jadi nanti bila teman cumingers mancing nya harus ngoyor/berendam, sudah tidak pusing dan takut lagi barang-barang nya basah atau rusak kena air laut.

Dan terakhir jangan lupa teman cumingers dengan cuaca saat kita akan pergi mancing. Bila cuaca nya kurang kondusif sebaiknya diurungkan saja acara mancing cumi nya. Percuma saja bila angin kencang, ombak tinggi dan hujan tiba, pasti akan menyulitkan kita untuk mancing cumi nya. Belum lagi bila langit sedang banyak petir nya, akan sangat membahayakan kita saat mancing menggunakan joran yang terbuat dari bahan carbon, karena dapat menyalurkan aliran listri dari petir nya. Biasakan untuk melihat ramalan cuaca di aplikasi yang dapat di download dari Google Playstore secara gratis.

OK teman cumingers sekian dulu tulisan saya tentang piranti-piranti apa saja yang harus disiapkan untuk memancing cumi yang lengkap. Dan apabila ada yang ingin bertanya atau memberikan masukan, silahkan jangan sungkan menulisnya di kolom komen dibawah ini. Terima kasih
Salam Tinta Hitam, Croootz...................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komen silahkan tulis disini