2/25/2020

Cara Buat Tabung Joran Mancing Cumi


Halo teman cumingers dimanapun berada, ketemu lagi dengan saya Bernad dalam blog Lapak Mancing Cumi. Semoga teman cumingers dan keluarganya dalam kondisi sehat walafiat dilindungi oleh Tuhan YME.

Hari ini saya akan menulis tentang cara membuat tabung joran sendiri dengan menggunakan tabung pipa plastik (sering disebut juga pipa pralon). Mungkin selama ini teman cumingers kalo bepergian mancing selalu membawa joran begitu saja tanpa ada pengamanan agar jorannya tidak rusak ataupun patah. Ya mungkin saja selama ini masih aman-aman saja, tapi satu saat kemungkinan akan terjadi hal yang dapat merugikan sehingga joran kesayangan anda menjadi rusak. Semisal retak atau patah karena kebentur sesuatu, atau juga kena tindih/ keduduk seseorang dalam perjalanan. Tapi sebelumnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman cumingers yang telah klik subscribe, like dan share channel YouTube Nyumi Nyoook dan buat yang belum silahkan  di klik juga ya. Agar saya tambah semangat dalam membuat konten tentang seputaran dunia mancing cumi, baik di vlog YouTube maupun dalam bentuk tulisan di blog ini.

Nah teman cumingers tinggal menyiapkan saja tabung pipa plastik nya, terserah  mau memilih ukuran diameter tabung nya. Bisa mulai dari ukuran 2" - 3", dimana semakin besar ukuran diameternya, akan semakin banyak dapat memasukkan joran-jorannya dan otomatis nanti akan semakin berat pula tabung jorannya setelah selesai. Untuk ukuran pipa 2" cuma bisa membawa 1 joran saja. Pipa 2.5" bisa membawa hingga 3 joran. Dan untuk pipa 3" bisa membawa hingga  4 joran.  Disini saya menulis nya untuk joran mancing cumi ya, yang kebiasaan nya model sambung 2. Untuk panjang pipa yang akan kita buat sebagai tabung joran, disesuaikan dengan ukuran panjang joran nya yang kita punya. Kebiasaan untuk joran mancing cumi panjang jorannya mulai dari 210 - 260 cm dengan posisi tersambung 2 susun. Artinya kalau kita lepas menjadi 2 bagian, maka panjang nya terbagi dua. Jadi nanti teman cumingers tinggal atur panjang tabung pipa saja, yang penting jangan sampai tabung nya kependekan ya.



OK sekarang kita lanjut ke tahap persiapan membuat tabung jorannya. Teman cumingers siapkan tutup bawah dan tutup atas tabung pipa nya disesuaikan dengan ukuran diameter tabung yang akan dibuat. Untuk tutup bawah biasa nya mudah dicari dan didapat, untuk harga berkisar 6.000 an. Tutup bawah nanti akan di lem menggunakan lem khusus pipa plastik, sehingga tidak dapat dilepaskan lagi. Sebaiknya sebelum di lem, alas dasarannya diberikan spon tebal untuk menjaga benturan ujung joran ke tutup tabung pipa nya.

Untuk tutup atas nya kita akan membuatnya dengan tutup yang ada draat ulir nya, sehingga aman, mudah terbuka dan kedap air. Tutup jenis ini biasa nya sering disebut dengan tulisan C/O (clean out). Untuk tutup pipa type C/O ukuran 2" dan 3" masih mudah didapat di toko bangunan /material. Tapi untuk yang ukuran 2.5" sangat susah didapatkan. Tapi teman cumingers tidak usah risau, karena kita masih dapat mencari nya di toko online seperti di Bukalapak atau Tokopedia. Memang untuk harga tutup C/O ukuran 2.5" ini lebih mahal dari pada ukuran yg 3", sekitaran 15.000 an. 


Bila teman cumingers mendapatkan pipa tabung yang bagian kedua ujungnya model rata tidak melembung (untuk sambungan antar pipa), maka teman cumingers membutuhkan yang nama nya sock pipa (sambungan antar pipa). Seperti foto dibawah ini:



Tapi bila pipa tabung nya di salah satu ujung nya ada yang agak melembung maka bisa langsung dipasang dan di lem tutup pipa C/O nya seperti contoh dibawah ini:



Namun bila nanti teman cumingers mengalami kendala di tabung pipa ukuran 2", yaitu kesulitan memasukan atau mengeluarkan joran nya terutama bila joran nya sudah menggunakan ring guide type K concepts, yang biasanya mempunyai bentuk ramping dan panjang, seperti joran Okuma Epixor Squid terbaru yang saya miliki. Terpaksa harus merubah kembali bentuk pemasangan tutup C/O nya. Di lubang tabung pipa 2" nya tidak masalah, ring guide joran yg terbesar nya masih bisa bebas keluar masuk dalam tabung nya. Tetapi ditutup C/O nya karena lubang diameternya lebih kecil dari pada diameter lubang pipa nya yg ukuran 2", maka akan menyulitkan keluar masuk joran nya karena tersangkut oleh ring guide yang paling besar nya.


Saya akhirnya terpaksa membongkar ulang bagian tutup C/O nya yang lama. Kendalanya bagaimana tabung pipa ukuran 2" dapat digabungkan dengan tutup C/O ukuran 2.5" ? Cara nya saya menggunakan blok sok (overloop) 2.5" ke 2", agar saya bisa pasang tutup C/O 2.5" ke tabung pipa ukuran 2", seperti contoh di bawah ini:


Dan terakhir untuk urusan tali gantungan nya, teman cumingers tinggal bikin saja menggunakan tali bekas tas ransel ditambahkan dengan perekat velcro. Tapi kalo tidak mau repot seperti saya, bisa pesan kok di toko online, ada yg buatan lokal maupun yang import. Kalo yang import bisa pesan di toko online Lazada atau Shopee, tinggal klik saja namanya: tali papan salju. Harga nya berkisar 25.000 - 50.000 saja. 



OK teman cumingers sekian dulu tulisan saya hari ini tentang cara pembuatan tabung joran dari pipa plastik (pralon). Semoga dapat bermanfaat sehingga joran-joran kesayangan nya bisa aman dan awet dalam perjalanan menuju spot pemancingan maupun penyimpanan nya di rumah.
Dan apabila ada yang ingin bertanya atau memberikan masukan, silahkan jangan sungkan menulisnya di kolom komen dibawah ini. Terima kasih
Salam Tinta Hitam, Croootz...................

5 komentar:

  1. om bikin blog dong tentang ciri ciri spot yg seneng di singgahi si cumi itu sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK teman cumingers, hari ini sudah saya posting artikel sesuai permintaan nya ya. Trims

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Koko, nyari di mbahyu, banyakkan, cuman cara bikin tempat joran dr pipa doang... coba koko, pidioin, bikin tempat joran dr pipa, TAPI, dengan tempat penyimpanan buat umpan, pralatan, dll nya koko.... bukan cuma buat simpan joran and reel doang koko... heheheej tq koko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadoo...saya kan bukan pengrajin bikin tempat joran. Saya buat tempat joran ini cuma untuk keperluan pribadi saja. Maafin ya

      Hapus

Yang mau komen silahkan tulis disini