2/20/2020

Persiapan Mancing Cumi


Halo teman cumingers dimanapun berada. Semoga semua dalam kondisi sehat walafiat dalam perlindungan Tuhan YME. Kali ini saya akan membahas tentang persiapan apa saja untuk kita berangkat pergi mancing cumi, agar nanti sesampai di spot, baik itu di pulau atau ngapung di perahu tidak mengalami kendala yg dapat mengganggu acara mancing cumi nya. Tapi sebelumnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman cumingers yang telah klik subscribe, like dan share channel YouTube Nyumi Nyoook dan buat yang belum silahkan  di klik juga ya. Agar saya tambah semangat dalam membuat konten tentang seputaran dunia mancing cumi, baik di vlog YouTube maupun dalam bentuk tulisan di blog ini.

Persiapan pertama adalah kondisi badan kita kudu fit terlebih dahulu ya. Jangan paksa diri untuk berangkat mancing bila kondisi tubuh sedang lemah atau ada gangguan kesehatan. Agar nanti tidak mengganggu acara mancing nya, apalagi kalo bersama teman-teman lain. Bisa kacau acara mancing nya. Persiapkan juga obat anti mabok seperti Antimo atau Dramamine atau obat lain nya.
 
 


Peralatan mancing cumi yang penting disiapkan antara lain: Gunting kecil, Tali leader, Snap (peniti), Reel (cadangan 1 lagi), Joran (cadangan 1 lagi) dan Umpan cumi secukupnya. 

bit.ly/SOLUSIBISNISONLINE2020

Untuk Snap (peniti) bisa dipilih model yg sesuai kebiasaannya saja ya. Banyak model snap yg tersedia di pasaran. Ada yang model ulir dan model jepit. Fungsi snap ini untuk memudahkan kita menganti/menukar umpan cumi dengan cepat tanpa harus memutuskan ikatan kenur atau tali leader nya. Ukuran snap dipilih jangan terlalu besar, disesuaikan saja dengan ukuran umpan cumi nya dan bawa secukupnya. Terserah juga mau yg ada kili kili atau tidak.



Untuk Reel, bawa saja yang ukuran kecil antara 800 - 1000, atau paling besar 2000. Ini agar nanti sewaktu dipakai mancing, karena keseringan casting (lempar) sana sini biar tidak membuat tangan jadi cepat lelah. Jangan lupa bawa cadangan reel juga. Agar bila terjadi kerusakan mendadak atau kusut kenur/benang PE, tidak kehilangan momen mancing cuminya saat cumi nya lagi ramai, bisa cepat ganti reel cadangan. Untuk kenur mono atau benang PE, pastilah sudah ada dalam spool reel nya ya. Jadi tidak perlu saya tulis lah.



Joran mancing cumi disiapkan yang ujung nya agak lentur, jangan kaku karena nanti berpengaruh dengan saat casting dan merasakan sergapan/sambaran cumi nya. Ukuran panjang joran bisa dipilih mulai dari 210 - 260 cm. Semakin panjang semakin jauh casting umpan cumi nya, apalagi kalau kita main landbase di pinggir pulau/dermaga. Sebagai contoh Joran Okuma Epixor Squid EPI-S 832L. Joran yang memang dibuat khusus untuk para pecinta mancing cumi. Dengan panjang 250 cm, type sambung 2 dan model japan style, sudah pas dan cocok untuk dipakai mancing cumi. Kelenturan ujung joran sangat pas untuk merasakan saat cumi menyambar/menyergap umpan cumi nya. Dan dengan panjang 250 cm, kita bisa casting umpan cumi dengan cukup jauh ketengah laut nya menjangkau spot2 yg perairannya dalam.


Dan yang terakhir persiapannya adalah umpan cumi nya. Bawa umpan cumi secukupnya. Mulai dari ukuran terkecil sampai yg terbesar. Sesuaikan ukuran cumi dengan spot mancing yang kita datangi. Kalo perairan nya dangkal cukup bawa yg ukuran panjang body 4 - 8 cm dan untuk perairan yg dalam bisa dibawa sampai yang ukuran 12 cm. Untuk warna umpan cumi juga kudu disiapkan yg beragam warna, mulai yg warna cerah sampai yg warna gelap. Dominan warna: orange, hijau, pink untuk warna cerah, dan warna merah, biru, ungu untuk warna gelap nya. Untuk umpan cumi bisa yg produk pabrikan (import) atau bisa juga yg produk lokal handmade kayu. Tinggal terserah teman cumingers memilih sesuai isi dompet nya. 





OK teman cumingers, demikian cerita saya tentang persiapan kita sebelum berangkat pergi mancing cumi. Semoga saja dapat bermanfaat dan dapat menikmati acara mancing cumi nya dengan puas tanpa kendala. Dan apabila ada yang ingin bertanya atau memberikan masukan, silahkan jangan sungkan menulisnya di kolom komen dibawah ini. Terima kasih
Salam Tinta Hitam, Croootz....................

2 komentar:

Yang mau komen silahkan tulis disini