5/31/2020

Kenapa Harus Coba Mancing Cumi

Halo teman cumingers dimanapun berada, ketemu lagi dengan saya Bernad dalam blog Lapak Mancing Cumi. Semoga teman cumingers dan keluarganya dalam kondisi sehat walafiat dilindungi oleh Tuhan YME.

Hari ini saya akan menulis tentang Kenapa Harus Coba Mancing Cumi. Tapi sebelumnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman cumingers yang telah klik subscribe, like dan share channel YouTube Nyumi Nyoook dan buat yang belum silahkan di klik juga ya. Agar saya tambah semangat dalam membuat konten tentang seputaran dunia mancing cumi, baik di vlog YouTube maupun dalam bentuk tulisan di blog ini.


Alasan utama kenapa kita harus coba mancing cumi adalah:

1. Tarikan atau kenyotan cumi nya yang unik, yang khas, yang ngangenin. Ya memang kalo dibandingkan dengan tarikan mancing ikan, tarikan cumi tidak ada apa-apanya. Teman cuminger bisa nonton di youtube video mancing ikan, yang kalo sedang strike nya bisa tarik tarikan, kadang bisa sampai bermenit-menit untuk di angkat/landed. Kalo untuk mancing cumi memang tidak sedashyat mancing ikan, tapi banyak teman cuminger yang menyukai mancing cumi karena tarikannya yang khas mulai saat cumi menyentuh umpan cumi sampai tentakel cumi nya nyangkut di mata kail yang ada di umpan cuminya. Tarikan cumi yang selalu mundur itu juga yang membuatnya beda. Coba saja deh rasakan sensasinya.

2. Semburan atau crootz nya tinta hitam dari cumi yang sering membuat heboh semua orang. Karena cuma cumi saja yang bisa nembak tinta hitam. Hal ini karena tinta hitam cumi itu adalah sebagai alat senjata utama cumi untuk menghindarkan dari predator nya. Tinta hitam cumi kadang bisa kena baju atau pun kena muka kita. Oleh karena itu kita sebagai cuminger selalu waspada saat sedang strike dengan cumi, agar terhindar dari tembakan tinta hitam cumi.


3. Cumi walaupun kecil daging semua. Beda dengan orang yang mancing ikan, misal dapat ikan kerapu tiga jarian, daging nya sedikit, banyak tulang dan duri nya juga, kadang bikin susah makan nya. Kalau cumi itu daging semua tanpa tulang atau duri. Jadi makan nya bisa santai dan aman tanpa was was ketulangan di leher.


4. Cumi harganya mahal. Biasanya harga cumi di pasar sekitar 90rb/kg. Itu pun cumi yang dijual di pasar jenis cumi jarum, beda dengan cumi yang biasa kita pancing. Karena cumi yang kita pancing itu jenis nya big fin squid reef/ cumi karang biasa sebutannya yang tidak pernah/jarang dijual di pasar. Dan pastinya cumi hasil pancing lebih fresh dari cumi yang dijual di pasar.


5. Daging cumi enak. Mau dimasak apa pun enak rasanya. Mau di goreng tepung, di panggang, dikasih bumbu lain nya pastinya enak semua. Untuk resep masakan cumi bisa langsung cari di Youtube. Foto di bawah ini adalah menu masakan cumi masak asam kuning.


6. Ada sensasi tertentu. Ini karena untuk mancing cumi biasanya dominan dilakukan nya pada malam hari, walaupun siang hari juga bisa mancing cumi nya. Nah sensasi nya itu kalo mancing malam ada rasa-rasa sesuatu gitu, apalagi kalau terpaksa harus mengelilingi pulau sendirian gelap. Atau harus ngoyor di pantai agak ketengah laut karena kondisi air lautnya sedang surut, terpaksa harus ngoyor agak ke tengah laut agar bisa mendapatkan lemparan ke perairan yang agak dalam.


7. Mancing cumi itu harus dengan penuh perasaan. Hal ini karena untuk mancing cumi kita menggunakan umpan cumi/kapela/egi yang bentuk nya seperti udang-udangan dengan posisi mata kail nya ada di bagian belakang. Dan bentuk mata kail nya pun beda dengan mata kail untuk mancing ikan. Karena mata kail untuk mancing cumi tidak ada jalu nya. Cuma seperti jarum yang dibengkokkan saja. Jadi kalo saat strike cumi lalu kita lengah atau kurang cekatan dalam menggulung tali pancing di reel nya, maka cumi nya akan bisa terlepas. Selain itu juga saat cumi mulai menyergap umpan cumi kita dengan tentakel/belalai nya, kita harus bisa merasakan sentuhan nya di ujung joran kita, agar kita bisa dengan cepat untuk menyentak joran agar tentakel/belalai cumi nya bisa nancap dengan kuat di mata kailnya.


8. Mancing cumi simple dan praktis. Hal ini karena untuk mancing cumi kita tidak perlu di repotkan untuk menyediakan umpan-umpan alami atau umpan racikan buatan yang terkadang susah mencarinya dan mahal harganya. Untuk mancing cumi, kita cuma membutuhkan umpan cumi saja, mulai dari beberapa ukuran dan warna nya. Untuk joran dan reel nya pun kita cuma butuh bawa 1 set saja. Tidak seperti pemancing ikan yang kadang membawa sampai beberapa joran yang nanti nya akan ditebarkan sepanjang pantai.



9. Mancing cumi aman. Karena cumi itu tidak memiliki duri yang berbisa atau deretan gigi yang tajam. Sehingga sewaktu kita mendapatkan cumi, tidak repot untuk melepaskan mata kail nya. Cukup di balik saja umpan cumi posisi nya ke atas, otomatis tentakel langsung lepas masuk ke dalam tempat cumi. Beda dengan mancing ikan, lumayan susah untuk melepaskan mata kail nya yang nyangkut di mulut nya atau malahan tertelan ke dalam mulut nya.


OK teman cumingers sekian dulu tulisan saya tentang Kenapa Harus Coba Mancing Cumi. Semoga tulisan ini bisa membuat teman-teman yang membaca dan belum pernah mancing cumi bisa tertarik untuk mulai mencoba mancing cumi . Dan buat teman cumingers yang ingin bertanya atau memberikan masukan, silahkan menulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.
Salam Tinta Hitam, Croootz...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komen silahkan tulis disini